Lifestyle

4 Hal Penting Dalam Memilih Styling Product Rambut Cowok

Memilih styling product rambut cowok nggak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kamu memilih styling product yang benar-benar cocok untuk rambut kamu, supaya kamu nggak terlihat berantakan di sekolah maupun pas lagi hangout di pensi.

Ahli perawatan rambut cowok, David Alexander menulis dalam MensHair.About.com tentang cara memilih styling product rambut cowok yang tepat. Ada beberapa faktor yang perlu kamu perhatikan saat ingin memilih produk yang tepat. Pertama kamu harus mengetahui jenis rambut kamu, terus gaya rambut kamu aslinya seperti apa, sentuhan akhir yang baik buat rambut kamu, dan budget pastinya.

1. Jenis rambut

Aturan pertama yang perlu kamu ketahui adalah jenis rambut yang kamu punya. Untuk rambut yang halus, kamu bisa menggunakan produk yang ringan seperti spray, lotion, atau krim. Untuk rambut tebal, kamu bisa menggunakan produk yang lebih padat seperti pasta, pomade, atau wax. Bagi kamu yang menggunakan gel rambut, pilihlah gel yang ringan untuk rambut halus dan gel yang lebih kuat untuk rambut tebal.

Jangan pakai produk padat untuk rambut yang halus karena terlalu kuat dan bisa bikin rambut kamu rontok. Produk ringan yang dipakai pada rambut tebal juga tidak akan berguna, karena tidak bisa menahannya. Namun, seseorang yang memiliki rambut sedang atau medium (tidak tebal dan tidak halus) bisa menggunakan produk ringan dan produk padat. Namun, setiap produk di pasaran pasti memiliki label apakah produk tersebut ringan ataupun padat.

2. Gaya rambut

“Untuk rambut spiky atau bertekstur, saya pikir lebih baik kamu menggunakan produk matte finish yang tidak membuat rambut berkilau. Gaya rambut seperti itu lebih casual, dan matte finish bekerja dengan baik,” ujar cowok yang juga bekerja sebagai tukang cukur di Los Angeles, California.

Menurutnya, produk yang membuat rambut berkilau seperti pomade atau gel akan lebih cocok pada orang yang ingin bergaya klasik atau tren yang lagi ngehits sekarang, pompadour. David merekomendasikan penggunaan krim ringan atau pomade untuk orang yang berambut keriting. Selain agar tetap menjaga rambut tetap keriting juga membuatnya berkilau secara alami.

3. Sentuhan akhir

Ada dua jenis styling product, yaitu yang keringnya keras (seperti gel dan hair spray) dan yang keringnya fleksibel (seperti pomade atau wax). Tergantung gaya kamu, kamu bisa memilih rambut kamu tetap sama atau tidak berubah, kamu bisa memilih gel (dengan tambahan hair spray untuk membuat rambut tetap sama). Namun bila kamu memilih rambut kamu tetap bisa diatur sepanjang hari, kamu bisa memilih menggunakan pomade atau wax.

Sebagai sentuhan akhir, produk matte finish bisa jadi pilihan, tapi akan mengurangi kilau alami rambut kamu. Lalu, produk kilau alami akan mencoba meniru kilau dari rambut kamu. Sedangkan kalau kamu memilih produk berkilau, produk ini akan menambah kilau rambut kamu.

“Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, produk matte cenderung lebih cocok untuk penampilan casual. Lalu, produk berkilau cenderung cocok untuk penampilan yang formal. Lihat label pada kemasan produk, apakah produk ini matte, alami, atau berkilau tinggi,” tutur cowok yang mengawali karirnya sebagai tukang cukur akhir 1980-an.

4. Budget

David menyarankan agar kita tidak mengeluarkan uang terlalu banyak dalam memilih produk perawatan rambut atau styling product ini. Apalagi kalau kamu masih berseragam putih abu-abu, duit pasti juga nggak banyak.

“Kamu harus memilih produk yang bekerja dengan baik untuk rambut dan gaya kamu. Jika kamu bingung lebih baik beli di supermarket atau di salon, sebaiknya kamu pergi ke supermarket dan melihat-lihatnya dengan baik, tapi saya akan bilang bahwa produk yang ada di salon tidak selalu lebih baik,” saran David.

Produk yang tepat bisa menambahkan banyak gaya baru. Jadi pastikan kamu memilih produk yang bisa membuat kamu terlihat seperti yang kamu inginkan. “Dan ingat bahwa menggunakan styling product tidak harus mahal dan tidak selalu dipakai,” tambah David.

Gimana? Udah dapet inspirasi gaya kamu di sekolah atau buat rencana malem mingguan sama pacar atau gebetan?

Comments

comments