Uncategorized

8 Langkah Krusial Untuk Dapat Sponsor Pensi Sekolah

“Haduh, udah bulan keempat kok dana sponsor pensi sekolah masih belum dapat yah” ucap Benny. Siswa yang menjabat sebagai ketua OSIS di sebuah SMA Swasta di Jakarta Barat ini memang tengah pusing tujuh keliling.

Pasalnya, gelaran Pensi di sekolah terancam gagal terlaksana karena dananya belum cukup. Usahanya bersama tim panitia buat mencari dana dengan modal proposal tebal kesana kemari pun bisa dibilang sudah maksimal.

Kalau dipandang dari jauh, memang mustahil buat sekumpulan anak SMA bisa mendapatkan sponsorship yang besar buat menggelar Pensi. Ya maklum, kita masih dianggap belum bisa memberikan benefit besar kepada sang donatur.

Tapi hebatnya, nggak sedikit pula punya segala cara dan akal buat menembus barikade tersebut. Bahkan, hasilnya raupan dari sponsor bisa dibilang melebihi ekspektasi.

Nah, biar nggak pusing seperti Benny, ada baiknya kita perhatikan dulu deh step-step di awal pengajuan proposalnya dulu.

Buatlah Perencanaan

Tentukan sponsor
Untuk menggaet sponsor, kita musti tahu dulu, nih, perusahaan atau organisasi mana yang bakalan memberikan suntikan dana. Biar memudahkan kerja kita, cari calon sponsor yang berhubungan dengan pensi kita.

Bisa dibilang, proposal merupakan  pintu dari berhasilnya menggaet sponsor. Jadi, usahakan untuk membuat proposal yang menarik, selain menarik, isi proposal juga jangan asal-asalan. Karena dari proposal ini juga, kita menentukan  mengenai benefit untuk acara kita dan perusahaan tersebut dapatkan.

Urus Perizinan
Setelah proposal jadi, tentunya kita yang masih bernaung di bawah sekolah, kudu punya izin dahulu dari sekolah. Izin yang diterbitin dari sekolah, pastinya sangat membantu saat mencari sponsor, karena biasanya mencari sponsor itu dilakukan saat jam sekolah.

Sebar Proposal

Manfaatkan Link
Punya teman yang orang tuanya punya jabatan di suatu perusahaan? Atau alumni ada yang sudah bekerja di perusahaan terkenal? Nggak ada salahnya buat meminta tolong untuk dimudahkan menjadi donatur. Dengan begitu akan memudahkan pekerjaan kita mencari sponsor pensi sekolah. Karena pasti mereka yang membantu mengurusnya.

Berusaha Sendiri
Kalau memang nggak punya teman atau alumni yang bisa membantu memudahkan mencari sponsor pensi sekolah, berusaha sendiri juga nggak ada salahnya. Tapi memang dengan cara ini, butuh waktu yang alam untuk menggaet sponsor. Makanya, memang saat merencanakan mencari sponsor harus disiapkan secara matang.

Meminta Respon
Setelah propasl disebar di perusahaan, jangan lupa untuk meminta kontak yang bisa dihubungi. Biasanya, sih, dari perusahaan tersebut bakal memberi kabar. Namun, jika lewat batas waktu belum juga dihubungi, maka nomor yang diminta, bisa ditanyakan kejelasannya, apakah perusahaan tersebut bersedia menjadi sponsor atau nggak.

Setelah Proposal Sponsor Pensi Sekolah Di Respon

Presentasi
Jika sudah punya janji kepada perusahaan, pastinya kita bakalan memberikan presentasi soal program pensi kita kita. Nah, biar berjalan mulus, kita harus punya modal presentasi yang bagus.

Tanda Tangan Kontrak
Setelah presentasi, pastinya ada revisi mengenai benefit yang kedua belah pihak dapatkan. Setelah revisi selesai dibuat, dan kedua belah pihak menyetujui, langsung tanda tangan kontrak, tuh. Nah, disini acara pensi kita bisa berjalan lancar.

Jaga Hubungan Baik
Hal ini nggak kalah penting, setelah sekali kerja sama, ada baiknya untuk tetap berhubungan dengan perusahaan yang pernah menjadi sponsor. Dengan menjaga baik hubungam besar kemungkinan kalau perusahaan tersebut menjadi sponsor tetap acara pensi kita.

Comments

comments